Jumat, 29 April 2016

Daun dan Buah tin dapat mengobati batu ginjal

Buah tin yang telah di sebutkan dalam Alquran ini memiliki banyak sekali manfaat. Buah tin telah menjadi nama sebuah surat di dalam alquran yaitu surat At-Tin. Selain buah tin juga buah zaitun juga telah disebutkan didalam Alquran.

Manfaat dan khasiat buah tin begitu banyak. Hal ini karena buah tin kaya akan gizi dan nutrisi. Seperti yang telah diterangkan dalam Alquran bahwa buah tin serta minyak zaitun mempunyai banyak sekali manfaat. Orang arab banyak sekali yang sudah mengkonsumsi buah tin untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Menurut dokter Sidi Aritjahja, yaitu dokter sekaligus herbalis di Yogyakarta, pemicu batu ginjal yaitu akibat konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam serta infeksi pada saluran kencing. Batu ginjal atau Calculi merupakan kristal keras kecil yang menggumpal di dalam cairan tubuh, seperti air kemih. batu mengendap dalam ginjal dan saluran kemih. Jika batu keluar melalui saluran kemih akan menimbulkan rasa sakit. Bila dipaksakan maka dapat melukai saluran kemih sehingga terdapat darah pada urin.


Daun tin mengandung alkaloid dan saponin yang bermanfaat untuk memperbaiki metabolisme protein dan lemak sebgai diuretik. Daun tin yang merupakan anggota famili moracaeae ini mengandung senyawa flavonoid terutama quecertin dan luteolin. kedua senyawa tersebut bermanfaat sebgai anti peradangan dan antioksidan. khusus luteolin berkhasiat untuk membantu proses metabolisme karbohidrat dan meningkatkan sistem imun.

Kandungan senyawa diuretik yang terdapat dalam daun tin ini yang membantu menghancurkan batu yang mengendap di saluran kemih dan ginjal sehingga secara lancar dan alami terbawa saat buang air kecil. Sedangkan senyawa antiradang dalam daun tin bermanfaat mengurangi rasa nyeri. Selain itu daun tin juga dapat meningkatkan kebugaran secara alami.

Mengobati penyakit batu ginjal dengan daun tin

Cara membuat teh daun tin untuk mengatasi batu ginjal

  1.  Ambil 7 lembar daun buah tin.
  2.  Cuci dan bersihkan daun buah tin.
  3.  Masukkan kedalam bejana, dan tambahkan 3 gelas air.
  4.  Rebus sampai air tersisa 2 gelas.
  5.  Minum 2 kali sehari.
Selain untuk mengatasi batu ginjal, buah tin juga dapat menjadi anti tumor, anti bakteri, anti virus serta anti jamur. Anda dapat membacanya di Anti Tumor dan Anti Bakteri dengan manfaat buah tin serta cara penyajiannya. Sungguh rahmat dan anugerah Allah sangat melimpah, sudah seharusnya kita tetap bersabar dan bersyukur. Wallahu a'lam.

Semua manfaat maupun khasiat dari Daun dan Buah Tin yang kita rasakan merupakan atas izin Allah SWT, semoga kita semua diberikan kesehatan dan kesembuhan. Terima kasih telah membaca artikel tentang Daun dan Buah tin dapat mengobati batu ginjal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar