Jumat, 29 April 2016

25 Manfaat dan Khasiat Daun tin serta Buah Tin Untuk Kesehatan

Buah Tin memiliki banyak manfaat dan khasiat. Tidak hanya buah, Daun Tin pun memiliki banyak manfaat dan khasiat. Hal ini seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam Alquran. Buah tin sendiri memiliki dua jenis buah yaitu buah tin kering dan buah tin basah, yang membedakan ini adalah kandungan kalorinya. Buah tin kering mengandung lebih banyak kalori dari pada buah tin basah.

Buah tin mengandung banyak gizi dan nutrisi. Kandungan buah tin adalah serat, kalium dan zat besi yang tinggi. Di dalam 10 gram buah tin terdapat lebih dari 20 persen serat. Serat pada buah tin berjenis serat larut. Serat larut dalam buah tin dapat menjaga kadar gula dalam darah serta mengurangi kadar kolesterol. Seorang profesor dari Amerika Serikat mengatakan bahwa buah tin tidak mengandung kolesterol dan lemak.

25 Manfaat dan Khasiat Daun tin serta Buah Tin Untuk Kesehatan
Daun dan Buah Tin

25 manfaat dan khasiat buah tin serta daun tin


1. Buah tin sebagai anti tumor

Buah tin telah diketahui mengandung zat fenol dan zat benzaldehid. Kedua zat tersebut yang terkandung dalam buah tin memiliki manfaat serta khasiat untuk menangkal tumor. Baca disini mengobati tumor dengan buah tin.


2. Buah tin dapat meningkatkan kualitas sperma

Buah tin mengandung antioksidan yang berkhasiat melindungi asam lemak sperma dan mencegah kerusakan sperma. Oleh karena itu mengkonsumsi buah tin dapat meningkatkan kualitas sperma. Buah tin juga dapat meningkat kesuburan.

3. Buah tin sebagai pengganti Susu

Jika anda memiliki alergi terhadap produk susu, anda bisa mengganti produk susu dengan buah tin. Buah tin mengandung kalsium yang tinggi sehingga buah tin memiliki manfaat yang sama dengan susu.

4. Menurunkan berat badan dengan buah tin

Buah tin salah satu buah yang aman di konsumsi saat menjalani program diet. Buah tin telah diketahui tidak mengandung kolesterol dan lemak, sehingga mengkonsumsi buah tin dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan.

5. Buah tin sebagai obat alami usus dan lambung

Bagi anda yang mengalami kesehatan pada usus dan lambung, anda dapat memanfaatkan buah tin sebagai obat alami. Baca disini Buah tin sebagai obat alami usus dan lambung.

6. Buah tin dapat mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan

Buah tin kaya akan serat yang bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan serta sembelit.

7. Mencegah Osteporosis dengan mengkonsumsi buah tin

Buah tin mengandung kalsium yang tinggi sama halnya dengan susu, sehingga buah tin berkhasiat mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

8. Menguatkan tulang dan gigi dengan daun dan buah tin

Buah dan Daun tin memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat memperkuat tulang dan gigi. Sangat baik mengkonsumisi buah dan daun tin secara teratur untuk mendapatkan tulang dan gigi yang lebih kuat dan sehat.

9. Menormalkan nafsu makan

Daun tin bermanfaat untuk mengembalikan nafsu makan. Atas izin Allah, daun tin ternyata mampu mengendalikan hormon-hormon pencernaan. Manfaat ini dapat diberikan terutama kepada anak-anak yang sedang mengalami susah makan.

10. Mengurangi Penyakit Sesak nafas

Khasiat daun tin juga dapat digunakan sebagai pengobatan alami sesak nafas bagi yang menderita asma yang menahun. Cara mengatasi sesak nafas dengan daun tin yaitu:

Daun tin secukupnya, kemudian direbus dengan air hingga air mendidih. Minum air rebusan ini sebanyak 2 kali sehari, hingga asma terasa berangsur-angsur membaik.


11. Daun tin dapat mencegah penyebaran sel kanker

Manfaat dari daun tin yang sampai sekarang masih terus diteliti adalah mengenai manfaat daun tin yang dapat mencegah penyebaran sel kanker. Hal ini karena daun tin mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk para penderita kanker yang ingin mendapatkan kesembuhan.

12. Menstabilkan Detak Jantung dengan daun tin

Bagi anda yang memiliki masalah dengan detak jantung atau ritme jantung yang kadang tidak stabil, seperti berdebar-debar dan rasa tidak nyaman. Air rebusan daun tin InsyaAllah dapat membantu menormalkan detak jantung anda.

13. Menurunkan kolesterol dengan buah tin

Kolesterol merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatan. Dengan khasiat daun tin InsyaAllah dapat mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh. Anda cukup meminum air rebusan daun tin 2 kali sehari.

14. Menambah kadar hemoglobin

Daun tin juga dapat meningkatkan produksi zat besi, layaknya pada manfaat bayam. Bagi yang memiliki anemia atau hemoglobin rendah sangat cocok untuk meminum air rebusan daun tin, agar kadar hemoglobin menjadi meningkat dan kembali normal.

15. Buah tin untuk mengobati haid yang tidak teratur

Untuk mengatasi haid yang tidak teratur, rebus 25-30 daun tin dalam satu liter air, lalu minum. Air rebusan ini juga dapat mengobati batuk dan gangguan haid serta melancarkan haid. Ramuan ini juga berfungsi untuk obat kumur dan menyembuhkan peradangan pada gusi.

16. Perawatan kulit dengan buah tin

Dengan mengkonsumsi buah tin secara teratur dapat membuat kulit lebih halus.

17. Buah tin untuk mengatasi Jerawat

Memanfaatkan daging buah tin sebagai masker dapat membuat kulih wajah lebih halus dan mencegah timbul jerawat.

18. Menyembuhkan Luka

Buah tin kering dapat digunakan sebagai obat alami penyembuh luka. Cara menyembuhkan luka dengan buah tin kering yaitu:

Buah tin direbus dengan air hingga mendidih, kemudian tambahkan susu, lalu dinginkan. Setelah dingin oleskan ramuan tersebut pada luka.

19. Mencegah Kanker Prostat

Kandungan Coumarin dalam buah tin berkhasiat untuk menurunkan resiko terjadinya kanker prostat.

20. Mencegah Asam Urat

Mencegah asam urat dengan buah tin dapat menjadi solusi yang baik dan alami, karena buah tin bermanfaat untuk memperkuat tulang dan persendian.

21. Meningkatkan daya ingat

Buah tin memiliki manfaat dalam meningkatkan pembentukan sel darah merah, sehingga buah tin berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat. Peningkatan sel darah merah dapat mempengaruhi daya ingat serta mengurangi rasa lelah.


22. Anti Bakteri, Anti Virus dan Anti Jamur

Kandungan dalam buah tin dapat membunuh mikroorganisme yang menyebabkan virus dan jamur. Hal ini karena buah tin mengandung zat anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang alami. Mengkonsumsi buah tin dapat membantu anda menghindari penyakit yang diakibatkan oleh jamur. 

23. Menstabilkan tekanan darah

Mengkonsumsi buah tin dapat berkhasiat untuk menjaga kestabilan tekanan darah.

24. Mengatasi Insomnia

Buah tin mengandung trytophan yang berkhasiat untuk membuat tidur anda lebih nyenyak. Ini juga dapat membantu mengembalikan waktu tidur normal anda.

25. Daun tin dapat mengatasi batu ginjal.

Salah satu dokter yang sekaligus herbalis yang berasal dari Yogyakarta telah memaparkan bahwa daun tin mengandung senyawa diuretik yang membantu menghancurkan batu ginjal yang mengendap di saluran kemih dan ginjal. Untuk informasi lebih lanjut baca di Daun dan Buah tin dapat mengobati batu ginjal.

Semua manfaat maupun khasiat dari Daun tin dan Buah tin yang kita rasakan merupakan atas izin Allah SWT, semoga kita semua diberikan kesehatan dan kesembuhan. Terima kasih telah membaca artikel tentang 25 Manfaat dan Khasiat Daun tin serta Buah Tin Untuk Kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

1 komentar: